Home » , » Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Posted by Tips Seputar Kesehatan dan Kecantikan on Rabu, 14 Oktober 2015

Tips-Sehat23 | Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan - Tentu semua wanita setelah menikah ingin cepat mendapatkan momongan. Tetapi, setelah melahirkan, tubuh yang semulanya langsing dan menarik sekarang menjadi gemuk dan tidak menarik lagi. Banyak wanita atau bahkan anda sendiri yang pusing tujuh keliling dengan kondisi badan anda setelah melahirkan. Tetapi, sekarang anda tidak perlu lagi khawatir, karena semua itu bisa anda atasi sendiri dengan prilaku hidup sehat. Kali ini saya akan memberikan sebuah tips khusus bagi anda yang baru saja melahirkan. Tips Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan ini cocok untuk anda praktekkan langsung dirumah.

Cara Menurunkan Berat Badan

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan anda setelah melahirkan. Tetapi anda perlu hati-hati, karena orang yang baru melahirkan itu memerlukan nutrisi untuk memprodiksi ASI. Bila anda menjalankan program diet seperti orang-orang biasa (orang yang tidak sedang melahirkan) maka produksi ASI anda menjadi terganggu, hal tersebut tentunya akan merugikan buah hati anda sendiri.

Maka dari itu, sekarang kami akan memberikan tips khusus Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dengan langkah yang sederhana dan tidak mengganggu produksi ASI anda. Lalu, seperti apakah tipsnya? Silahkan simak tulisan berikut:

1. Menyusui
Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Menyusui Untuk Menurunkan Berat Badan
Sebuah penelitian yang dilakukan disebuah universitas ternama di Amerika Serikat menyebutkan bahwa Ibu yang menyusui anaknya dapat membantu menurunkan berat badannya secara bertahap. Dalam proses penyusuan ini sejumlah hormon akan dilepaskan ke dalam tubuh, hormon-hormon inilah yang akan membantu anda menurunkan berat badan anda seperti semula. Ada pakar gizi ternama di Indonesia yang mengatakan bahwa Ketika seorang ibu menyusui anaknya berarti sama dengan membakar kalori sebesar 200 atau bahkan hingga 600 kalori perhari. Jumlah kalori tersebut setara dengan jumlah kalori orang yang bersepeda selama satu jam.

2. Meditasi atau Yoga
Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan
Yoga bermanfaat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan
Meditasi atau yoga sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan. Selain berfungsi untuk membuat pikiran anda menjadi tenang ternyata yoga juga sangat ampuh dan tergolong cara yang aman untuk mengembalikan bentuk tubuh bagian bawah tanpa mengganggu produksi ASI anda.

Anda dapat melakukan meditasi atau yoga sendiri dirumah dengan teknik tiger pose. Caranya adalah: Posisikan tangan dan kaki anda di alas persis seperti orang yang merangkak / seperti harimau berdiri, lalu lipat salah satu kaki anda dan satu kakinya lagi diluruskan, kemudian tahan dalam beberapa detik, lalu luruskan kaki yang anda lipat sebelumnya dan lipat kaki yang satunya, kemudian hitung lagi dalam beberapa detik. Lakukan cara tersebut berulang-ulang selama yang anda mau. Adapula teknik yang kedua yaitu triangle pose. Caranya adalah: Anda berdiri dengan kaki yang terbuka lebar, lalu tekuk badan anda kekiri hingga tangan kiri anda menyentuh alas, sedangkan tangan kanan anda lurus ke atas. Ulangilah cara tersebut dengan arah yang berbeda-beda.

3. Berjalan Kaki
Cara Menurunkan berat badan
Berjalan kaki dapat membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan
Percayakah anda, berjalan kaki dapat membantu anda menurunkan berat badan anda setelah melahirkan? ya, tentu. Karena saat anda berjalan kaki secara tidak langsung anda sudah membakar kalori dalam tubuh anda. Walaupun cara yang satu ini sangat sederhana, tetapi manfaat didalamnya cukup besar. Saya sarankan untuk melakukan cara ini pada pagi dan sore hari, karena pada jam-jam seperti itu matahari tidak terlalu menyengat. Jika anda malas berjalan sendiri, tidak ada salahnya untuk mengajak bayi anda dengan kereta dorong. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, berjalan-jalan keluar rumah juga dapat menghilangkan stress apalagi didalam perjalanan tersebut ditemani dengan buah hati anda yang lucu dan menggemaskan.

4. Tidur Yang Cukup
Cara Menurunkan Berat badan Alami
Tidur yang Cukup dapat membantu anda menurunkan berat badan
Saya yakin setelah anda melahirkan, waktu anda banyak dihabiskan untuk mengurus sang buah hati anda. Sehingga waktu istirahat anda ikut terenggut karena sang buah hati selalu menangis. Tetapi, kurang tidur ternyata salah satu faktor gagalnya anda dalam menurunkan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang baru melahirkan jika dia sering tidur selama 5 jam tiap harinya cendrung lebih sulit untuk menurunkan berat badannya ketimbang orang yang tidur selama 7 jam tiap harinya.

Saat lelah, tubuh akan melepaskan cortisol serta hormon-hormon stres lainnya yang dapat memicu penambahan berat badan. Maka dari itu tidur merupakan salah satu cara yang cocok untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Agar anda bisa tidur dengan waktu yang cukup, caranya sangatlah mudah, yaitu, setiap kali buah hati anda tertidur maka ikutlah tidur bersamanya. Cara tersebut terbilang cara yang cukup sukses untuk mengatasi kurang tidur saat mengawasi sang buah hati. Intinya, setiap kali ada kesempatan untuk beristirahat, maka manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk tidur.

Demikianlah tips Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan, kami harap tips yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi anda dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah berat badan ini setelah melahirkan. Sampai jumpa di artikel-artikel kami berikutnya.


Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}